Laporan Praktikum Perintah Dasar SQL

Laporan Praktikum Perintah Dasar SQL

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Materi/Teori
Perintah dasar SQL merupakan hal yang sangat utama dan paling pertama yang perlu diketahui serta dipahami oleh para pengguna bahasa SQL karena merupakan dasar dalam pembuatan dan perancangan suatu database. Database (basis data) : kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. DBMS (Database Management System) : merupakan suatu system perangkat lunak yang memungkinkan user (pengguna) untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses database secara praktis dan efisien. RDBMS (Relationship Database Management System) : merupakan salahsatu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel. Di samping RDBMS, terdapat jenis DBMS lain, misalnya Hierarchy DBMS, Object Oriented DBMS.

Beberapa istilah yang perlu diketahui dalam sebuah database adalah sebagai berikut :
- Table : Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record)
dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik.
Field : merupakan kolom dari sebuah table. Field memiliki ukuran type data tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan.
Key : merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dll.
- Record : merupakan sebuah kumpulan nilai yang saling terkait.

Beberapa aturan yang perlu diperhatikan dalam pembuatan tabel adalah :
1. Tabel dalam database tidak boleh mengandung record (data) ganda, atau dengan kata lain tidak boleh ada redudancy data.
2. Setiap tabel dalam database, harus memiliki field (kolom) yang unik. Field ini disebut sebagai Primary Key.
3. Besar atau ukuran database hendaknya dibuat seminimal mungkin. Hal ini ditentukan oleh pemilihan tipe data yang tepat.
4. Merancang database hendaknya memperhatikan apakah rancangan dapat menampung data (record) sesuai yang dibutuhkan oleh aplikasi.
5. Selalu gunakan huruf kecil dalam penamaan database dan tabel
6. Penamaan identifier (database, tabel, kolom) di MySQL bersifat casesensitive.Penamaan identifier hendaknya konsisten untuk semua tabel dalam suatu database.Kita dapat menggunakan model lower-case, UPPER-CASE, camelCase dll.
7. Nama database, tabel dan kolom maksimal 64 karakter .
8. Hindari penggunaan karakter khusus, karena bisa bermasalah dalam sistem operasi yang lain.
9. Pilih nama untuk field (kolom) yang mencerminkan isi dari data yang disimpan. Laporan Praktikum Perintah Dasar SQL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation