Laporan Praktikum Sel (Osmosis, Tugor, Imbibisis)

Laporan Praktikum Sel (Osmosis, Tugor, Imbibisis)

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Sel adalah segumpal protoplasma yang berinti, sebagai individu yang berfungsi menyelenggarakan seluruh aktivitas untuk kebutuhan hidupnya. Sel itu setelah tumbuh dan berdeferensiasi, akan berubah bentuknya sesuai dengan fungsinya, ada yang menjadi epidermis berfungsi untuk melindungi sel-sel sebelah dalamnya ada yang menjadi tempat penyediaan makanan, ada yang berfungsi menjadi tempat persediaan makanan dan lain-lain.
Meskipun antara sel hewan dan sel tumbuhan berbeda namun terdapat persamaan-persamaan dasar tertentu mengenai sifat, bentuk, dan fungsi dari bagian sel tersebut. Secara umum bagian-bagian sel tersebut adalah membran sel, sitoplasma, mitokondria, retikulum endoplasma, aparatus golgi, lisosom, plastida, kloroplas, sentrosom, ribosom, vakuola, inti sel, membran inti, mikrofilamen, dan dinding sel.
Sel-sel penyusun tubuh makhluk hidup sangat bervariasi baik ukuran, bentuk, struktur maupun fungsinya. Secara umum sel terdiri atas membran plasma, sitoplasma, nukleus, dan organel-organel yang memiliki bentuk khusus dan secara bersama-sama membentuk sistem yang kompak. Komponen utama sel tumbuhan adalah dinding sel, sitoplasma, apparatus golgi, mmitokondria, ribosom, vakuola dan komponen lainnya. Berdasarkan organisasi internal tipe sel mikroorganisme dibedakan menjadi dua bagian yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Sel kariotik khas bagi hewan dan tumbuhan tetapi tidak termasuk alga hijau, alga biru dan bakteri.

B. Tujuan
• Tujuan praktek biologi ini agar mahasiwa/i dapat melihat hasil pada ercobaan yang di lakukan dan mahasiswa/i mengetahui apa yang di maksud dengan sifat sel yaitu osmosis, turger, imbibisis dan struktur pada tumbuhan.
• Agar mahasiswa dapat melihat secara langsung bagai mana proses-proes yang terjadi pada osmosis, turgor, imbibisis, dan struktur sel tumbuhan.

C. Manfaat
• Dengan adanya praktikum ini mahasiswa/i lebih tahu dan memahami tentang reaksi pada osmosis, turgor, imbibisis dan struktor sel tumbuhan.
• Dengan adanya praktikum ini mahsiswa/i dapat memper bandingkan antara osmosis, turgo, imbibisis yang ada pada sel tumbuha. Laporan Praktikum Sel (Osmosis, Tugor, Imbibisis)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation