Laporan Praktikum Biologi Umum Metabolisme Tumbuhan

Laporan Praktikum Biologi Umum Metabolisme Tumbuhan

BAB 1
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Saat kita berada di bawah pohon yang rindang kita akan merasa sejuk, rasa sejuk tersebut disebabkan kadar oksigen yang ada lebih banyak. Oksigen ini dihasilkan dari tumbuhan yang memiliki zat hijau daun, melalui proses metabolism.
Metabolism adalah seluruh proses biokimia yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup. Metabolism terdiri dari anabolisme dan katabolisme. Karena metabolism sangat penting bagi kita. Kita perlu untuk mempelajarinya dan membuktikan bahwa metabolism memang terjadi dan apa saja yang mempengaruhi prosesnya.
BAB 2
DASAR TEORI
Salah satu ciri makhluk hidup ataupun sel hidup adalah melakukan metabolism (pertukaran zat) yakni istilah untuk menunjukkan perubahan-perubahan kimiawi yang terjadi di dalam tubuh untuk melaksanakan berbagai fungsi vitalnya. Setiap sel terdiri atas protoplasma yang memiliki kemampuan memungut oksigen dan bahan keperluannya, dan untuk menyisihkan bahan tertentu lainnya sebagai bahan barang buangan (kartono,1982).
Semua kegiatan hidup yang terdapat dalam sel tidak dapat di pisahkan dengan reaksi kimia. Pertumbuhan, perkembangan, sekresi, ekskresi, dan kegiatan hidup lainnya merupakan proses reaksi kimia. Namun secara garis besarnya perubahan reaksi kimia atau metabolism, dalam sel dapat di bedakan menjadi dua yaitu anabolisme atau reaksi penyusunan atau sintesis dan katabolisme atau pembongkaran atau pemecahan (Slamet, 2004).
Anabolisme adalah penyusunan senyawa kimia sederhana menjadi senyawa kimia atau molekul kompleks. Anabolisme pada tumbuhan di kenal dengan fotosintesis yang menggunakan energy cahaya, sedangkan anabolisme yang menggunakan energy kimia di kenal dengan kemosintesis (Slamet,2004). Laporan Praktikum Biologi Umum Metabolisme Tumbuhan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation