Laporan Praktikum Mikroskop

Laporan Praktikum Mikroskop

A. Pelaksanaan Praktikum
1. Tujuan praktikum : Memahami penggunaan mikroskop secara tepat dan benar.
2. Hari /tanggal : Jum’at,05 Oktober 2012
3. Tempat : Laboratorium Biologi FKIP Universitas Mataram.

B. Landasan Teori
Mikroskop (bahasa yunani: micros= kecil dan scopein= melihat) adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata kasar. Ilmu yang mempelajari benda kecil dengan menggunakan alat ini disebut mikroskopi. Dan kata mikroskopik berarti sangat kecil, tidak mudah dilihat oleh mata(Anonim,2012:1).
Antony Van Leewenhoek(1632-1723)seorang mahasiswa ilmu pengetahuan alam berkebangsaan belanda adalah salah satu dari tokoh mikrobiologi yang menemukan mikroskop. Mikroskop yang ditemukan pada saat itu mempunyai perbesaran 50-300. Ia melakukan pengamatan pada beberapa sumber seperti air hujan, tong, danau, kotoran gigi. Pengamatan pertama kali yang ia lakukan adalah pada bentuk protozoa, ganggang, ragi, bakteri, dan dipublikasikan pada tahun 1684 ( Jekti,2009:1).
Mikroskop cahaya adalah alat yang digunakan untuk mengamati benda-benda berukuran sangat kecil (beberapa mikron),satuan ukuran sel lazim digunakan makrometer, demikian pula untuk organella (mikrometer=10-6m). Untuk struktur lainnya dan ukuranvmolekul biasanya digunakan satuan nanometer (10-9), penggunaan mikroskop dimulai 300 tahun yang lalu oleh Robert Hooke untuk mengamati sayatan gabus. Kemudian sekitar tahun 1830 mikroskop mengalami penyempurnaan hingga mampu melihat benda-benda berukuran beberapa mikron. Syarat suatu benda (sel atau jaringan) dapat diamati baik bentuk maupun strukturnya maka benda tersebut harus diiris setipis mungkin agar tembus cahaya (20 um). Pada tahun 1870 telah diciptakan alat pengiris yang mampu untuk menghasilkan irisan yaitu mikroton (Sumarjan,2007:1)
C. Alat dan Bahan
1. Alat :
a. Mikroskop monokuler cahaya



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation