Laporan Paktikum Sel

Laporan Paktikum Sel
LANDASAN TEORI

Pengertian Sel
Sel merupakan organisme terkecil dari suatu makhluk hidup.Semua fungsi kehidupan di atur dalam suatu sel dan berlangsung didalamnya. Sel juga terbagi menjadi 2 yaitu: sel eukariota(eukariotik), dan sel prokariota(prokariotik). Sel prokariota beradaptasi dengan kehidupan uniselular, sedangkan sel-sel eukariota beradaptasi untuk hidup saling kerja sama dalam lingkup yang rapi,multiseluler.Bentuk sel ada yang pipih, memanjang, sangat panjang dan bikonkaf. Sedang ukuran dari sel pada umumnya microskopis(sangat kecil). Pada manusia diameter rata-rata kira-kira 10ยต,dan tidak bisa dilihat tanpa bantuan mikroskop (tidak bisa dilihat dengan mata telanjang).
Sel pertama kali dikenalkan oleh Robert hooke pada tahun 1665 yang mengamati jaringan gabus pada tumbuhan ketela pohon, yang merupakan kesatuan fungsional makhluk hidup. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Karena itulah sel dapat berfungsi secara autimon asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi.
Bentuk-bentuk sel dan contohnya
Pada tumbuhan bentuk selnya tetap karenamemiliki dinding sel, sehingga gerakaan membrane sel terbatas. Sel bisa berbentuk batang (basil), bulat (coclus), oval dan spiral . Gambar sel hewan dan tumbuhan

Perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan
Nama  sel Sel hewan Sel tumbuhan
Membran plasma ada ada
Dinding sel --- ada
Nukleus ada ada
Sitoplasma ada ada
RE / retikulum endoplasma ada ada
Ribosome ada ada
Komplek golgi ada ada
Lisosome ada ---
Mitokondria ada ada
Kloroplas --- ada
Vakuola --- ada
Sentriol ada ---
Sentrosome ada ---
Plastida --- ada


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation