Preferensi Hewan Terhadap Suhu

A. JUDUL PRAKTIKUM
Freferensi hewan terhadap suhu
B. TUJUAN
Mengetahui pengaruh faktor lingkungan (suhu) terhadap organisme
C. ALAT DAN BAHAN
1. bak kaca disertai dengan thermometer di setiap zonanya
2. lampu spiritus
3. spiritus
4. kaki bak kaca
5. ikan seribu
6. es batu
7. air
8. styroform
9. cutter
10. plastik mika warna gelap
D. CARA KERJA
Langkah pertama yang harus dilakukan kelompok adalah melakukan setting alat agar bak kaca berada pada tempat dan kondisi yang memungkinkan untuk perlakuan selanjutnya. Pastikan bak sudah terbagi menjadi 3 zona dengan masing-masing zona memiliki alat pengukur suhu yang mudah dibaca dari lubang bidik. Bak kaca harus berada pada ketinggian yang sesuai dengan ketinggian titik api dari lampu spiritus untuk menghidari pemanasan air yang terlalu cepat. Tempat pengamatan juga harus terbebas dari segala kondisi yang membuat ikan terganggu dari segala macam stimulus seperti getaran, kegaduhan, gerakan bayangan, dan sebagainya.
Langkah kedua ialah mengisi bak kaca dengan air hingga ketinggian mencapai 4 cm. Pada zona satu, bagian bawah bak ditempatkan lampu spritus, zona 2 tanpa perlakuan dan zona 3 ditambah dengan menempatkan kantung berisi es batu.
Setelah semua persiapan selesai barulah lampu spiritus dinyalakan kemudian memasukkan 15 ekor ikan seribu ke bagian tengah bak.
Pengamatan dilakukan dengan selang waktu 2 menit sejak menit pertama selama 30 menit. Pengamatan pada masing-masing zona meliputi perilaku ikan (tenang, gelisah, bergerak aktif, dsb), jumlah ikan, dan suhu air.
E. HASIL PENGAMATAN
Tabel 1. Pengamatan Preferensi Hewan Terhadap Suhu



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation