Laporan Praktikum BBI

Laporan Praktikum BBI

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Usaha pembenihan ikan sekarang ini berkembang dengan pesat dan yang menjadi salah satu faktor penting dalam pembenihan adalah ketersediaan pakan alami. Ketersediaan pakan alami pada tahap awal perkembangan larva sangat dibutuhkan. Jika dibandingkan dengan pakan buatan, pakan alami lebih baik terutama untuk larva. Selain mempunyai nutrisi yang tinggi, ukuran cocok dengan bukaan mulut larva dan mudah dibudidayakan.

Pada kenyataannya, banyak BBI yang tidak dapat berfungsi sebagaimana yang diharapkan. Meskipun kendala di setiap daerah dapat berbeda, namun tampaknya muara dari kurang optimalnya peran BBI tersebut adalah kurang tepatnya manajemen balai, mulai dari perencanaan pembangunan hingga oprasionalnya.

Pastinya, setiap pembangunan BBI melibatkan konsultan perencana. Tapi, harus diakui bahwa tidak banyak konsultan pembangunan yang memahami masalah perikanan budidaya. Akhirnya, cukup dipahami bila kemudian perencanaan pembangunan melibatkan konsultan yang hanya memahami aspek konstruksi bangunan gedung. Ujung-ujungnya, pembangunan kolam ikan menggunakan sistem konstruksi gedung.

Perencanan pembangunan BBI harusnya mempertimbangkan daya dukung lingkungan dan aksesibilitasnya. Secara simpel, dapat diterapkan penilaian lokasi dengan sistem mayor-minor. Penilaian sedapat mungkin dilakukan secara quantitatif dengan menentukan faktor-faktor: kualitas dan kuantitas air, kondisi tanah, aksesibilitas, keamanan dan perencanaan pengembangan ke depan. Secara mendetail, dapat dilakukan dengan pembuatan master plan. Aspek bangunan panti benih (hatchery) juga mutlak harus diperhatikan. Ikan tropis memerlukan temperatur yang relatif tinggi, rata-rata pada kisaran 28 – 30 0C. Panti benih harusnya didesain agar dapat mempertahankan temperatur pada kisaran tersebut.


B. Tujuan
1. Untuk meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang pengelolaan BBI dan dapat memperbandingkan ilmu teori dan apilikasi yang ada di lapangan.
2. Memperluas wawasan mahasiswa dalam memperoleh ilmu Perikanan dan ilmu Kelautan khususnya tentang pengelolaan BBM dan BBI.

C. Tempat Dan Waktu
1. Balai Benih Multy Species Fish Pidie Jaya - Aceh
Balai Benih Multy Species Fish Pidie Jaya - Aceh pada hari Senin tanggal 20 Desember 2010 mulai dari jam 08.30 – 13.00.
2. Balai Benih Ikan Batee Iliek
Balai Benih Ikan Batee Iliek bereun pada hari Senin tanggal 20 Desember 2010 mulai dari Jam 14.30 – 16.00. Laporan Praktikum BBI

Download  |  Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation