Laporan Praktikum Ayunan Matematis

Laporan Praktikum Ayunan Matematis

1.1 Tujuan Praktikum

- Menentukan kecepatan gravitasi (g) pada laboratoriun Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi dengan menggunakan bandul sederhana.


2.1 Prinsip Teori

Benda yang dilepas dari suatu tempat di atas tanah akan jatuh. Hambatan udara akan mempengaruhi percepatan dari benda yang jatuh. Percepatan yang dialami oleh benda yang jatuh disebabkan oleh gaya gravitasi bumi atau gaya tarik bumi disebut percepatan gravitasi.
Berat adalah besar dari gaya gravitasi yang bekerja pada suatu benda. Berat suatu benda akan berbeda harganya dari satu tempat ke tempat lain pada permukaan bumi. Berat benda ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain massa dan percepatan gravitasi. Massa tidak tergantung pada tempat di permukaan bumi maka dapat dikatakan bahwa percepatan gravitasi bumilah yang berubah antara tempat yang satu dengan yang lain di permukaan bumi.
Ayunan matematis merupakan suatu partikel massa yang tergantung pada suatu titik tetap pada seutas tali, di mana massa tali dapat diabaikan dan tali tidak dapat bertambah panjang. Dari gambar tersebut, terdapat sebuah beban bermassa tergantung pada seutas kawat halus sepanjang dan massanya dapat diabaikan. Apabila bandul itu bergerak vertikal dengan membentuk sudut , gaya pemulih bandul tersebut adalah . Secara matematis dapat dituliskan:
Oleh karena , maka :
Sehingga dapat disimpulkan bahwa percepatan gravitasi dipengaruhi oleh jarak suatu tempat dengan pusat bumi dan kemasifan susunan bumi di tempat tersebut. Ini berarti bahwa besar percepatan gravitasi tidak sama di setiap tempat.


II. METODOLOGI PRAKTIKUM

1.2. WAKTU dan TEMPAT

Praktikum ini dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Maret 2013, pukul 08.00 – 09.30 WIB, bertempat di Laboratrium Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi.


2.2 ALAT dan BAHAN
a. ALAT :
Alat yang digunakan dalam praktikum ini meliputi :
Ayunan matematis yang erdiri dari benang wol, dan besi pejal yang berkatrol
1. Penyangga statis
2. Stop watch
3. Mistar 100 cm
4. Busur

3.3 PROSEDUR KERJA
1. Dipasang bandul pada penumpu
2. Diukur panjang tali dari pusat bola titik gantung lebih kurang 90 cm
3. Disimpang bola lebih kurang 15o sampai 20o kemudian dilepaskan.
4. Dicatat waktu untuk 14 ayunan dengan ditekan stop watch pada saat banul dilepas dan dilakukan sebanyak 3x.
5. Diulangi prosedur nomor 4 untuk panjang tali 70, 60, dan 50 cm.
Dilakukan sebanyak 3x ulangan disetiap panang tali
6. Dibuat dalam tabel hasil pengukuran berdasarkan data yang telah diperoleh. Laporan Praktikum Ayunan Matematis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation