Laporan Uji Kandungan Makanan

Laporan Uji Kandungan Makanan 

BAB-1
A. LATAR BELAKANG
Dalam kehidupan sehari-hari kita mengkonsumsi berbagai macam bahan makanan. Disetiap bahan makanan tersebut terkandung berbagai macam zat gizi yang baraneka ragam dan berbeda antar satu bahan dengan bahan yang lainnya. Praktikum kali ini akan menguji setiap kandungan zat gizi yang terkandung dalam bahan-bahan makanan, yang kemudian akan mempermudah kita, terutama dalam memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.
B. TUJUAN
Tujuan praktikum kali ini adalah mengetahui kandungan zat gizi seperti karbohidrat, protein dan lemak pada berbagai bahan makanan.
 C. DASAR TEORI
- Lugol atau lugol iodin adalah zat yang terbentuk dari gabungan dari iodin dengan potasium iodida yang dilarutkan dalam air aquadest. Senyawa ini digunakan untuk pengujian bahan-bahan organik, dimana bila suatu bahan tersebut mengandung bahan-bahan organik bila ditetsi lugol akan timbul reaksi yaitu perubahan warna menjadi biru gelap sampai kehitaman. Hal ini desebabkan karena interaksi antara iodine dengan polisakarida. Selain itu senyawa ini juga akan bereaksi dengan zat amilase yang terkandung dalam tepung-tepungan yang berasal dari tumbuhan, sehingga dapat digunakan untuk uji amilum…(Wikipedia,2011)
 - Fehling A&B adalah dua zat yang masing-masing terbentuk dari campuran tembaga(II)sulfat pentahidrat dengan aquadest (untuk fehling A), dan campuran antara potasium sodium tetrahidrat dengan sodium hidrooksida (untuk fehling B). zat ini dapat memisahkan antara air dengan senyawa monosakarida dan bereaksi den monosakarida yang terkandung didalamnya. Dari dasar inilah, fehling dapat digunakan untuk uji gula terutama gula yang mengandung monosakarida seperti glukosa dan fruktosa. Reaksinya ditandai perubahan warna menjadi merah bata bila dipanaskan…(Wikipedia,2011)
- Biuret, memiliki rumus molekul C2H5N3O2. Biuret biasa digunakan untuk pengujian protein dan senyawa polipeptida. Ini berdasarkan pada reaksi biuret yang akan memunculkan warna keunguan bila mengalami kontak dengan bahan yang mengandung protein.atau senyawa lain ynag mengandung peptida…(Wikipedia,2011) - Karbohidrat adalah senyawa organik yang disintesis dari senyawa anorganik yang mengandunng unsur C, H, dan O. komponen utama penyusunnya adalah monosakarida seperti fruktosa dan glukosa. Fungsinya adalah sebagai penghasil energi utama…(syamsuri,2007)
- Amilum, adalah karbohidrat kompleks yang tidak terlarut dalam air, berwujud bubuk putih tawar dan tidak berbau. Penyusunya adalah pati yang berasal dari tumbuhan yang berfungsi untuk menyimpan kelebihan glukosa. Pati tersusun dari dua karbohidrat, yaitu amilosa dan amilopektin, dimana amilum akan bereaksi bila dilakukan tes dengan lugol ditandai pdengan perubahan warna menjadi biru gelap…(Wikipedia,2011)
- Protein, adalah suatu senyaawa organik yang tersusun dari unsur-unsur C, H, O, N dan terkadang mengandung unsure P dan S. komponen dasarnya adalah asam amino. Fungsi utamanya adalah sebagai pembentuk sel-sel baru…(syamsuri,2007)
- Lemak, adalah senyawa yang tersusun dari unsur C, H, dan O dan terkadang P. lemak tersusun dari satu senyawa gliserol dan tiga senyawa asam lemak. Fungsinya adalah sebagai pelarut beberapa jenis vitamin dan pelindung tubuh…(syamsuri,2007)
- Uji lemak dengan kertas. Perubahan warna menjadi transparan dapat terjadi apabila kertas diolesi dengan bahan-bahan yang mengandung lemak, karena pengaruh reaksi antara kandungan glukosa yang ada dalam kertas dengan asam lemak dan gliserol yang terkandung dalam bahan makanan yang mengandung lemak…(yahoo,2011)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation