Laporan Praktikum Osmosis dan Difusi

Laporan Praktikum Osmosis dan Difusi 

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Bila kita memperhatikan kehidupan disekitar kita yang begitu luas ini, pastinya tidak terlepas dari pengetahuan tentang hirarki Biologi. Dalam ilmu biologi , sel merupakan unit terkecil yang dapat melakukan aktivitas kehidupan. Seperti kita tahu, bahwa didalam organisme terdapat alat transport yang mampu mengatur organisme lainnya . Hal itu sering dikenal dengan Transpor zat. seperti tumbuhan,transport zat dilakuakan untuk mendistribusikan energy yang mereka dapatkan dari alam. Transpor zat terbagi menjadi 2, yakni transport zat aktif dan pasif. dalam percobaan ini, lebih ditekankan kepada transport zat pasif yang terdiri dari osmosis dan difusi. Osmosis adalah pergerakan molekul air dari larutan dengan konsentrasi air lebih tinggi (potensila air lebih besar) menuju larutan dengan konsentrasi air lebih rendah (potensial air lebih kecil) melalui membrane semipermeabel. Difusi adalah perpindahan zat (gas,cair, dan padat) dari larutan berkadar tinggi ke larutan berkadar rendah tanpa bantuan energy, hingga dicapai larutan yang kadarnya sama. Nah, percobaan ini dilakuakan guna memperlihatkan adanya peristiwa osmosis dan difusi dalam kehidupan sehari-hari, meskipun peristiwa tersebut hadir tanpa kita sadari.

1.2 Rumusan Masalah
1. Pada menit keberapa terbentuk larutan isotonis air the?
2. Apa yang terjadi pada kentang 1 (yang direndam air biasa), kentang 2 (yang direndam 10% garam) serta kentang 3 (yang direndam 50% garam)? Mengapa demikian?
3. Jelaskan proses yang terjadi pada percobaan no. 1 dan 2?
4. Buatlah kesimpulan dari percobaan ini?

1.3 Tujuan Percobaan Percobaan ini dilakuakan guna mengetahui lebih jauh mengenai peristiwa osmosis dan difusi beserta perbedaan dari keduanya agar kami dapat lebih memahami bahwa benar adanya peristiwa osmosis dan difusi dalam kehiduan sehari-hari.

1.4 Waktu dan Tempat Pelaksanaan T
empat : Laboratorium Biologi SMAN 8 Tangerang
Waktu : Rabu , 29 Agustus 2012


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation