Uji Zat Makanan

Laporan Praktikum Uji Zat Makanan

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Zat makanan merupakan bahan bahan yang di perlukan oleh tubuh supaya dapat tetap hidup. Makan berfungsi sebagai sumber energi mengganti sel sel yang usang dan untuk menambah cairan tubuh. Untuk dapat melaksanakan fungsinya, di perlukan makanan sehat. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi dalam jumlah seimbang, higienis, dan cukup. Makanan bergizi, artinya harus mengandung zat zat makanan yang diperlukan tubuh, yaitu cukup mengandung karbohidrat, lemak, protein, garam mineral,vitami dan air. Makanan harus higienis, artinya harus memenuhi syarat kesehatan, yaitu bebas kuman kuman penyakit dan zat zat racun yang membahayakan kelangsungan hidup manusia. Makanan yang cukup artinya dapat memenuhi kebutuhan tubuh sesui dengan kondisnya. Makanan juga harus mudah dicerna, sehingga dapat terserap optimal oleh usus untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
1. Fungsi Makanan Bagi Tubuh
1. Sumber energi, yaitu zat zat makanan yang jika dialokasi dalam tubuh akan menghasilkan energi yang di butuhkan untuk aktivitas tubuh, yaitu karbohidrat, lemak, dan protein.
2. Pembangun tubuh, sebagai komponen penyusun protoplasma yang berfungsi dalam pertumbuhan, perkembangan dan pergantian sel sel tubuh yang rusak, yaitu protein, vitamin dan mineral.
3. Pelindung dan pertahanan tubuh, berperan dalam mengatur tekanan osmosis sehingga tubuh terjaga homoestatisnya, yaitu protein, vitamin dan mineral.
4. Zat zat makanan
Zat zat makanan ada yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak (makronutrien), yaitu karbohidrat, protein, dan lemak, serta ada pula yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit (mikronutrien), yaitu vitamin dan mineral.
1. Kabohidrat
Kabohidrat tersusun dari unsur C, H, dan O. kabohidrat dibedakan:
a. Gula sederhana / monosakarida.
Misalnya: glukosa, fruktosa, galaktosa.
b. Gula majemuk.
-Disakarida, misalnya: sukrosa, maltose, laktosa.
-Polisakarida, misalnya: selulosa, amilum, glikogen.
Fungsi:
a. Sebagai sumber energy.
b. Bahan pembentuk senyawa organic lain.
c. Penjaga keseimbangan asam dan basa.

2. Protein
Protein tersusun atas unsure C, H, O, dan N.
a. Asam amino essensial, yang terdiri atas : Lisin, Leusin, Valin, Arginin, Isoleusin, Histidin, Treonin, Fenilalanin, Triptofan, dan Metionin.
b. Asam amino non essensial, yang terdiri atas : Tirosin, Sistein, Glisin, Prolin, dan Alanin.
Fungsi:
a. Sebagai sumber energi.
b. Membangun sel-sel rusak.
c. Sebagai pengatur.
d. Membentuk zat kebal.
3. LemakLemak tersusun daaaaaari unsure C, H, dan O. Lemak terdiri atas komponen lemak: asam lemak dan gliserol. Asam lemak terdiri atas asam lemak jenuh yang dapat disenyawakan didalam tubuh dan asam lemak tak jenuh yang harus didatangkan dari luar tubuh.
Fungsi:
a. Sebagai sumber energy.
b. Pelarut vitamin A, D, E, dan K.
c. Melindungi tubuh dari kedinginan

1.2 Tujuan
Mengidentifikasi dan menemukan zat –zat yang terkandung di dalam berbagai macam bahan makanan



Download

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation