Sistem Respirasi Pada Hewan Jangkrik

Laporan Pratikum Biologi
Sistem Respirasi Pada Hewan Jangkrik

BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Untuk melangsungkan kehidupannya makhluk hidup memerlukan udara bernapas. Udara merupakan kebutuhansehari-hari yang wajib didapatkan bagi setiap makhluk hidup. Udara yang didapatkan setiap hari digunakan oleh tubuh sebagai bahan material.
Proses pengambilan oksigen yang dilakukan oleh makhluk hidup disebut system respirasi. Terdapat 2 macam respirasi yaitu respirasi eksternal (bernapas) meliputi pengambilan O2 dan pengeluaran CO2 serta uap air. Dan respirasi internal (pernapasan selurel) terjadi didalam sel. Secara garis besar, pernapasan merupakan pemecahan glukosa dengan bantuan enzim-enzim untuk menghasilkan energy.
System respirasi tidak hanya di lakukan oleh manusia, namun juga pada tumbuhan dan hewan. System respirasi pada ketiga makhluk hidup tersebut memilik perbedaan. Seperti pada tumbuhan, system respirasi pada tumbuhan sangat berbeda. System respirasi pada tumbuhan pengambil CO2 dan mengeluarkan O2.
Begitu juga system respirasi pada hewan memiliki banyak perbedaan. Organ pernapasan pada hewan juga berbeda-beda, organ-organ pernapasan itu antara lain paru-paru, insang dan trakea. Hewan yang menggunakan alat pernapasan trakea yaitu salah satunya serangga atau insekta.Berdasarkan uraian perbedaan alat pernapasan di atas, penulis tertarik mengadakan suatu pengamatan tentang udara yang dihirup oleh serangga atau insekta.

B. Rumusan masalah
Dari uraian diatas dapat dirumuskan permasalah sebagai berikut: Apakah pada system respirasi pada serangga membutuhkan oksigen? Dan apakah factor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan oksigen pada serangga?


C. Tujuan
Penulisan laporan ini bertujuan yaitu untuk mengetahui:
1. Membuktikan bahwa pernapasan pada serangga membutuhkan oksigen
2. Melihat factor-faktor yang mempengaruhi jumlah kebutuhan oksigen pada serangga saat bernapas.

D. Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari laporan ini adalah Memberikan informasi pada masyarakat bahwa:
1. Pada system respirasi pada serangga membutuhkan oksigen
2. Mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan oksigen pada serangga saat bernapas.



Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation