Laporan Fisiologi Tumbuhan Fermentasi

Laporan Fisiologi Tumbuhan Fermentasi

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Makhluk hidup mengalami sautu proses pemebntukan energi melalui suatu proses katabolisme dimana terjadi proses penguraian dari molekul yang kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana, dimana akan menghasilkan suatu energi. Respirasi merupakan salah satu contoh dari penghasilan energi dimana terjadi reaksi penguraian bahan makanan yang diperoleh makhluk hidup yang kemudian akan menghasilkan energi. Respirsi ini bisa terjadi secara aerob dimana membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi dan secara anaerob yang tidak membutuhkan okisgen untuk menghasilakn energi.
Salah satu contoh dari proses respirasi yang tidak membutuhkan energi adalah proses fermentasi. Fermentasi ini menggunakan sel-sel ragi yang nantinya akan menghasilkan karbondioksida dan energi. Pada manusia proses fermentasi terjadi pada otot dimana piruvat akan diubah menjadi asam laktat. Biasanya fermentasi yang biasa kita lakukan berupa jenis karbohidrat berupa glukosa yang akan difermentasi dengan menggunakan ragi, dimana ragi ini merupakan suatu kumpulan spora-spora, hasil dari fermentasi ini berupa karbondioksida dan energi.
Berdasarkan penjelasan singkat diatas, untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai hal yang berkaitan dengan proses fermentasi dilakukan pengamatan sederhana dalam suatu praktikum yang berjudul “Fermentasi” dimana akan dibuktikan bahwa pada proses fermentasi yang dilakukan oleh sel-sel ragi terhadap glukosa akan menghasilkan karbondioksida dan energi, melalui beberapa perlakuan yang berbeda-berbeda untuk dapat menjelaskan proses fermentasi yang telah terjadi dan dapat membandingkan dengan teori yang telah diperoleh baik secara mandiri ataupun yang telah diperoleh dalam proses perkuliahan.
B. Tujuan
Adapun tujuan dari dilaksanakannya praktikum ini adalah untuk membuktikan bahwa fermentasi yang dilakukan oleh sel-sel ragi terhadap glukosa akan menghasilan karbodioksida dan energi.
C. Manfaat Praktikum
Adapun manfaat dari dilaksanakannya praktikum ini adalah agar mahasiswa dapat mengamati secara langsung proses fermentasi dan mampu membandingkannya dengan teori yang ada.



Download  |  Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation