Suhu Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Biji Jagung dan Biji Kacang Hijau

"Suhu Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Biji Jagung dan Biji Kacang Hijau"

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan pada tanaman terjadi karena adanya pertambahan ukuran (volume) yang irreversible (tidak dapat balik) yang disebabkan adanya pertambahan jumlah sel melalui proses pembelahan sel secara mitosis pada titik tumbuh dan pembesaran dari tiap-tiap sel. Sedangkan perkembangan merupakan spesialisasi sel sel menjadi struktur dan fungsi tertentu. Perkembangan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran, tetapi dapat dinyatakan dengan perubahan bentuk dan tingkat kedewasaan.
Pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman adalah cahaya. Tumbuhan membutuhkan cahaya, tetapi banyaknya cahaya yang dibutuhkan tidak selalu sama pada setiap tanaman.
Pada saat pembelajaran mengenai pertumbuhan dan perkembangan, terdapat banyak sekali teori yang menjelaskan mengenai faktor-faktor, mekanisme, maupun macam-macam pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Namun, teori tersebut belum dapat dipelajari penuh jika kita belum mengetahui bagaimana keadaannya sebenarnya di lingkungan kita. Selain itu, masih banyak siswa-siswa yang belum dapat menunjukan bagaimana pertumbuhan dan perkembangan sebuah tanaman.
Untuk itu, penulis mengadakan praktek lapangan sekaligus penelitian untuk lebih mengetahui dan membuktikan teori-teori tersebut. Dengan berlandaskan teori-teori tersebut, di dalam penelitian ini, penulis akan mengamati pertumbuhan dan perkembangan biji jagung dan biji kacang hijau.
1.2 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang ada berdasarkan latar belakang di atas adalah sebagai berikut :
a) Apakah suhu dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman biji jagung dan biji kacang hijau ?
b) Bagaimana suhu dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman biji jagung dan biji kacang hijau ?
1.3 Hipotesis
a) Setiap tumbuhan yang memperoleh suhu yang berbeda, maka tinggi pada tumbuhan – tumbuhan tersebut berbeda.
b) Setiap tumbuhan yang memperoleh suhu yang berbeda, maka kekuatan daun dan batang pada tumbuhan – tumbuhan tersebut berbeda.
c) Tumbuhan akan mati apabila tumbuhan berada di bawah suhu minimum atau di atas suhu maksimum.
1.4 Variabel
a) Variabel Bebas
Ø Suhu
Ø Cahaya Matahari
Ø Jumlah Air
b) Variabel Terikat
Ø Tinggi tumbuhan
Ø Ketebalan daun dan batang tumbuhan
c) Variabel Kontrol
Ø Jenis Tanaman
Ø Media Tanam



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation