Laporan Praktikum Kerja Enzim Katalase

Laporan Praktikum Kerja  Enzim Katalase

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Enzim adalah senyawa yang dibentuk oleh sel tubuh organisme. Enzim katalase diproduksi oleh organel badam mikro peroksisok. Kegunaan enzim katalase adalah menguraikan Hidrogen Peroksida (H2O2), merupakan senyawa racun dalam tubuh yang terbentuk pada proses pencernaan makanan. Senyawa peroksida harus segera di uraikan menjadi air (H2O) dan oksigen (O2) yang tidak berbahaya. Enzim katalase mempercepat reaksi penguraian peroksida (H2O2) menjadi air (H2O) dan oksigen (O2). Penguraian peroksida (H2O) ditandai dengan timbulnya gelembung.
B. TUJUAN
1) Mengetahui pengaruh enzim katalalase terhadap H2O2.
2) Mengetahui pengaruh pH & suhu terhadap kerja enzim katalase.
3) Mengetahui factor apa saja yang mempengaruhi kerja enzim katalase.
4) Mengetahui ada tidaknya enzim katalase di dalam tumbuhan.
5) Mengetahui ada tidaknya enzim katalase pada organel selain hati


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia organik. Molekul awal yang disebut substrat akan dipercepat perubahannya menjadi molekul lain yang disebut produk. Enzim hanya dapat bekerja pada substrat yang spesifik. Semua proses biologis sel memerlukan enzim agar dapat berlangsung dengan cukup cepat.
Enzim katalase adalah enzim yang mampu menguraikan hidrogen peroksida menjadi zat yang aman bagi tubuh mahkluk hidup. Enzim ini dihasilkan oleh peroksisom di dalam organ hati. Enzim katalase memiliki fungsi sebagai pengurai hidrogen peroksida, zat yang berbahaya dalam tubuh menjadi gas O2 dan air.
Hidrogen peroksida dengan rumus kimia H2O2 ditemukan oleh Louis Jacquea Thenard pada tahun 1818. Senyawa ini merupakan bahan kimia organik yang memiliki sifat oksidator kuat dan bersifat racun dalam tubuh. Hidrogen peroksida merupakan hasil sampingan dari metabolisme tubuh.
Bentuk reaksi kimia yang terjadi apabila enzim katalase bertemu dengan hidrogen peroksida adalah:
2 H2O2--> H2O + O2
Senyawa H2O2 yang ada dalam tubuh sangat berbahaya. Maka enzim katalase menguraikan H2O2 menjadi H2O dan gas O2 yang tidak berbahaya bagi tubuh.
Ada tidaknya gelembung merupakan indikator adanya air dalam wujud uap. Sedangkan menyala atau tidaknya bara merupakan indikator adanya gas oksigen dalam tabung tersebut.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation