Hidrolisis Garam dan Sifat Garam yang Terhidrolisis

Laporan Hidrolisis Garam dan Sifat Garam yang Terhidrolisis

1. Tujuan : Menyelidiki sifat asam atau basa berbagai jenis larutan garam
2. Landasan teori :
1. Natrium Bicarbonat (soda kue)
Natrium bikarbonat adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Senyawa ini termasuk kelompok garam disebut juga baking soda (soda kue). NaHCO3 umumnya diproduksi melalui proses Solvay, yang memerlukan reaksi natrium klorida, amonia, dan karbon dioksida dalam air. Soda kue juga diproduksi secara komersial dari soda abu Na2CO3 (diperoleh mellui penambangan bijih trona, yang dilarutkan dalam air lalu direaksikan denfan karbon dioksida. NaHCO3 mengendap sesuai persamaan berikut Na2CO3 + CO2 + H2O NaHCO3
1. Kegunaan Amonium Nitrat (NH4NO3)
Amnonium nitrat jika dicampur dengan senyawa hidrokarbon mudah meledak khususnya bahan bakar diesel, atau minyak tanah. Campuran amonium nitran dan fuel oil (ANFO) telah digunakan oleh teroris sebagai bom, campuran ini seringkali dibubuhi bubuk aluminium untuk meningkatkan daya ledak.
1. Sodium Hypoclhorite (NaOCl)
Duclean (Sodium Hypochlorite) adalah senyawa kimia yang dikenal dengan nama pemutih. Dalam fungsinya sebagai zat pemutih, selain untuk kain, Duclean juga digunakan sebagai pemutih di industri-industri kertas, dimana pada umumnya larutan Duclean dimasukkan saat bubur kayu/ bubur bumbu sedang diproses.


1. Pupuk ZA
Adalah puopuk kimia buatan yang dirancang untuk memberi tambahan hara nitrogen dan belerang bagi tanaman. Nama ZA adalah singkatan dari bahasa Belanda zwavelzure ammoniak yang berarti amonium sulfat (NH4SO4). Karena inio sulfat larut secara kuat, sedangkan ion amonium lebih lemah, pupuk ini berpotensi menurunkan pH tanah.
1. Monosodium Glutamat (MSG)
Rumus kimia MSG adalah HOOC(CH2)2CH(NH2)COONa.H2O, sifat fisis MSG seperti garam dapur (NaCl) mudah larut dalam air. MSG adalah senyawa garam yang anionnya dari asam glutamat dan kation dari basa NaOH.

1. Alat dan Bahan :
• Alat :
o Plat
o Tabung reaksi
o Kertas lakmus
o Piring lakmus
o Pipet
o Rak
o Lap/tisu
• Bahan :
o NaCl
o (NH4)2SO4
o NH4NO3
o NaOCl
o NaHCO3
o HOOC(CH2)2CH(NH2)COONa.H2O

1. Cara Kerja :
1. Masukkan bahan kedalam tabung reaksi.
2. Teteskan bahan tersebut kedalam plat.
3. Masukkan kertas lakmus merah dan biru ke dalam plat yang sudah diteteskan bahan tersebut.
4. Tunggu beberapa saat dan amati perubahan warna pada kertas lakmus.



Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation