Reproduksi Ternak Pemilihan Pejantan dan Betina Unggul

BAB I
MATERI DAN METODE
Praktikum Ilmu Reproduksi Ternak dengan materi Pemilihan Pejantan dan Betina Unggul dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 31 November 2013 pukul 11.00-14.00 WIB di Kandang sapi potong dan perah Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang.
1.1. Materi
Materi yang digunakan dalam praktikum Pemilihan Pejantan dan Betina Unggul menggunakan alat yaitu meteran yang berfungsi untuk mengukur ukuran skrotum, alat tulis untuk mencatat hasil pengamatan. Sementara bahan yang digunakan yaitu sapi potong jantan dan betina, sapi perah jantan dan betina .
1.2. Metode
Metode yang digunakan dalam praktikum Pemilihan Pejantan dan Betina Unggul yaitu untuk pejantan mengukur lingkar skrotumnya dan mengamati bentuk skrotum, mengamati kondisi alat reproduksi penis, mengamati dan menilai Body Condition Score (BCS) dengan memeriksa perlemakannya dengan melihat kondisi tubuh. Pada betina mengamati alat reproduksi vulva, bentuk dan jumlah ambing, mengamati dan menilai BCS dengan memeriksa perlemakan dan melihat kondisi tubuh. Serta menentukan umur sapi melihat kondisi poel pada giginya.



Download  |  Sumber 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation