Laporan Getaran dan Gelombang

Laporan Getaran dan Gelombang

PANDAHULUAN 
Latar Belakang 

Getaran adalah gerak bolak-balik di sekitar titik keseimbangan. Benda yang bergetar dapat dilihat dengan mata kasar karena amplitude besar dan tidak dapat dilihat dengan kasar mata kerena ampitudo yang sangat kecil. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu getaran disebut periode dan dilambngkan dengan T, sedangkan jumlah getaran dalam sati detik disebut frekuensi (Anonim1, 2012)

Berdasarkan medium perambatannya gelombang dibedakan menjadi dua yaitu gelombang mekanik dan elektromagnetik. Gelombang mekanik adalah gelombang yang dalam rambatannya memerlukan medium perantara sedangkan gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang rambatannya tanpa memerlukan medium perantara. Contoh dari gelombang mekanik adalah gelombang air, gelombang bunyi /suara (gempa bumi, dawai dll), gelombang talidan gelombang slinki/per sedangkan contoh gelombang elektromagnetik adalah gelombang TV, gelombang radio, gelombang sinar matahari dan sinar X (Anonim2, 2012)
Panjang gelombang (l : dibaca lamda) yaitu panjang satu gelombang yg terbentuk dari satu bukit dan satu lembah gelombang. Satuan dari panjang gelombang adalah : m (meter)(Anonim3, 2012).

Spektroskopi merupakan ilmu yang mempelajari interaksi antara radiasi dan benda sebagai fungsi panjang gelombang.Awalnya spektroskopi hanya mengacu pada pen-dispersi-an cahaya tampak berdasarkan panjang gelombang (misalnya oleh prisma). Untuk selanjutnya konsep ini berkembang untuk menunjuk pada segala bentuk pengukuran kuantitatif sebagai fungsi dari panjang gelombang dan frekuensi, tidak hanya meliputi cahaya tampak. Sehingga istilah ini bisa juga mengacu pada interaksi radiasi partikel atau respon terhadap berbagai range frekuensi. Jadi spektroskopi adalah istilah/nama yang digunakan untuk ilmu (secara teori) yang mempelajari tentang hubungan antara radiasi/energi/sinar (yang memiliki fungsi panjang gelombang, yang biasa di sebut frekuensi) dengan benda. Gabungan respon frekuensi ini disebut sebagai spectrum (Riyadi, 2008).

Spektrometri adalah tehnik yang digunakan untuk mengukur jumlah (konsentrasi) suatu zat berdasarkan spektroskopi. Instrument yang digunakan disebut spektrometer. Jadi ada tiga istilah yang berbeda. Spektroskopi, spektrometri, dan spektrometer. Spektroskopi mengacu pada bidang keilmuan, spektrometri adalah tehnik aplikasi berdasarkan spektroskopi, sedangkan spektrometer adalah alat/instrument yang digunakan dalam tehnik spektrometri (Halliday dan Resnick, 1978 ).

Tujuan Praktikum 
Tujuan dari praktikum ini adalah:
1. Memahami tentang gelombang mekanik (gelombang bunyi) dan gelombang elektromagnetik.
2. Memahami setiap materi mempunyai cirri khas penyusun materi yang didasarkan pada frekuensi radiasi dan panjang gelombang.
3. Memahami prinsip pemanfaatan gelombang yang digunakan dalam peralatan laboratorium di bidang pertanian khususnya sperktrofotometri.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation