Menghitung Volume Curah Hujan

A. JUDUL PRAKTIKUM
Menghitung Volume Curah Hujan
B. TUJUAN
Mencoba menghitung (menduga) volume curah hujan dalam waktu 2 minggu.
C. ALAT DAN BAHAN
1. Botol Sirup Indofood
2. Corong
3. Lakban
4. Penggaris
5. Gelas Ukur
D. CARA KERJA
Langkah pertama yang harus dilakukan ialah menyimpan corong diatas mulut botol kemudian direkatkan dengan lakban. Tempatkan Botol pada tempat yang terbuka, jangan sampai ada menghalangi jatuhnya air hujan.
Selama 2 Minggu, dalam setiap hujan hitung volume air hujan yang di dapat di dalam botol, hitung juga tinggi serta lamanya hujan (waktu).
Kemudian hitung curah hujan dengan rumus:
E. HASIL PENGAMATAN
F. DISKUSI
Curah hujan yaitu jumlah air hujan yang turun pada suatu daerah dalam waktu tertentu. Besarnya curah hujan yang dihasilkan setiap harinya tidak dapat dipastikan, kadang naik dan bisa juga turun. Ini semua tergantung pada evaporasi yang terjadi,kelembaban suatu daerah, tiupan angin,letak daerah tersebut dan faktor-faktor lainnya. Semakin banyak panas yang diterima maka semakin tinggi evaporasi yang dihasilakan dan begitu juga sebaliknya. Ini semua dipengaruhi oleh besar kecilnya pengaruh penyinaran matahari yang diterima,sehingga ikut mempengaruhi jumlah penguapan yang dihasilkan. Berarti hubungan antara curah hujan dan evaporasi berbanding terbalik dimana jika evaporasinya besar maka curah hujannya kecil begitu juga sebaliknya sehingga terbukti bahwa dalam waktu satu minggu terjadi defisit air, yaitu nilai evaporasinya lebih tinggi dibanding curah hujan.
G. KESIMPULAN

Besarnya curah hujan yang dihasilkan setiap harinya tidak dapat dipastikan, kadang naik dan bisa juga turun. Ini semua tergantung pada evaporasi yang terjadi,kelembaban suatu daerah, tiupan angin, letak daerah tersebut dan faktor-faktor lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation