Laporan Praktikum Osilator

Laporan Praktikum Osilator

PENDAHULUAN

I.1 LATAR BELAKANG
Pada beberapa rangkaian dibutuhkan sederetan pulsa clock dengan frekuensi tertentu. Deretan pulsa clock ini dapat dibangkitkan dengan menggunakan suatu osilator yang dibentuk dengan menggunakan gerbang logika ataupun dengan menggunakan piranti lain seperti LM555 yang pada awalnya dirancang unutk digunakan sebagai pewaktu (timer).Pada beberapa pemakaian, seperti pada jam digital, frekuensi dari osilator ini harus sangat presisi karena ketepatan dari jam ini hanya ditentukan oleh ketepatan dari frekuensi clock. Untuk keperluan seperti ini biasanya digunakan osilator yang menggunakan kristal kwarsa yang memiliki ketepatan dan kestabilan frekuensi yang sangat tinggi.
Rangkaian osilator menghasilkan arus bolak-balik (ac) dengan daya kurang dari satu watt sampai dengan ribuan watt. Bila diperlukan tegangan ac frekuensi daya dan berdaya besar (10 sampai dengan 100 Hz, dapat digunakan berbagai jenis alternator elektromagnetik. Untuk frekuensi-frekuensi yang lebih tinggi di dalam daerah frekuensi-radio, digunakan rangkaian osilator transistor atau tabung.

I.2 RUANG LINGKUP
Ruang lingkup pada praktikum ini meliputi pengukuran resistansi pada resistor berdasarkan warna cincin yang tertera pada resistor tersebut dan membuat rangkaian osilator kemudian melakukan perhitungan frekuensi (f) berdasarkan parameter yang ada.

I.3 TUJUAN
Setelah melakukan praktikum ini, diharapkan telah memiliki kemampuan berikut:
Pengaturan penguatan dan umpan balik.
Penapisan dan penalaan frekuensi isyarat suatu gelombang.
Stabilitas osilasi dan titik kerja serta daerah kerja suatu penguat.
Adanya distorsi harmonik yang terdapat pada suatu sistem osilasi.


I.4 WAKTU & TEMPAT PRAKTIKUM
Praktikum Osilator ini dilakukan pada hari Senin, 13 Desember 2010, pukul 14.00 – 16.00 WITA, di Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Hasanuddin, Makassar.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Praktikum

Laporan Praktikum Analisis Vegetasi

Laporan Praktikum Analisis Kualitatif Kation